Thursday, March 13, 2014

Citra satelit milik Cina menemukan tiga potongan besar 'objek mencurigakan' di lautan dekat Vietnam. Foto tiga objek tersebut dirilis ke publik.

KAMIS 13 MARET 2014Associated Press melaporkan bahwa citra satelit dari agen sains dan pertahanan Cina menunjukkan kemungkinan  potongan dari pesawat Malaysia Airlines yang hilang. Temuan ini bisa menjadi petunjuk baru dalam upaya pencarian pesawat. Letaknya dekat dengan jalur semula penerbangan pesawat, di selatan Vietnam.  

Foto-foto tersebut bisa membantu memusatkan pencarian pesawat yang mengangkut 239 penumpang dan hilang pada Sabtu dini hari (Jumat tengah malam WIB). Sejak hilangnya pesawat, tim pencari sudah menyisir 92.600 km persegi, pertama di timur lalu barat Malaysia, bahkan sampai ke India pada Rabu.  

Jika temuan tersebut terbukti, maka lokasinya dekat dengan titik awal pencarian. 



















Laporan Xinhua mengatakan bahwa citra tersebut diambil pada Minggu jam 11 pagi. Dalam citra terlihat "tiga objek mengambang yang mencurigakan" dengan berbagai ukuran, dalam radius 20 km. Yang terbesar ukurannya sekitar 24x22 meter. 

Citra-citra itu awalnya diunggah di situs Administrasi Negara untuk Sains, Teknologi, dan Industri Pertahanan Nasional Cina. Situs tersebut menunjukkan titik koordinat di laut yang letaknya ujung selatan Vietnam, timur Malaysia.

Namun, karena citra satelit itu diambil 4 hari lalu, maka belum bisa dipastikan apakah potongan-potongan tersebut masih ada di lokasi yang sama. 

Belum ada pemerintahan lain yang mengonfirmasi laporan Xinhua. Berita tersebut juga tidak menyatakan apakah pejabat Cina sudah tahu akan gambar-gambar tersebut dan menghubungkannya dengan pesawat yang hilang.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: