Sunday, May 13, 2018

Cara Berhenti Merokok Paling Efektif


Hi semua, apa kabarnya? semoga baik - baik saja dan selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Haaaa. Kali ini admin ingin menulis sedikit hal berbeda dari biasanya. Bukan tentang wisata atau pun tutorial, melainkan mau berbagi pengalaman pribadi yang saat ini sudah berhenti merokok.

Bisa dikatakan merokok merupakan kebiasaan buruk. Selain menganggu kesehatan, orang yang merokok akan lebih boros dari pada tidak merokok. Ngga tahu mitos atau fakta. Yang jelas untuk merokok harus mengeluarkan uang karena rokok tidak lah gratis.

Oke... Saat menulis postingan ini admin berumur 27 tahun. Sudah satu tahun belakangan ini berhenti total menjadi ahli hisap (sebutan keren buat perokok).

Mulai coba - coba merokok sekitar kelas 3 SMP. Kalo dihitung sekitar 10 tahun mengenal yang namanya rokok.

Memang saya bukan perokok berat, biasanya hanya mengkonsumsi 2 sampai 3 batang per hari. Namun itu sudah cukup untuk menggrogoti kesehatan saya.

Biasanya saya merokok setelah makan apalagi di malam hari.

Ada yang bilang kalo merokok itu enak. Ya bagi sebagian orang yang sudah candu, merokok memang dapat memberikan kenikamatan tersendiri. Saya sih juga merasakan demikian. Namun setelahnya malah merasakan nafas menjadi sesak.

Tak hanya itu, kenikmatan dari hisapan tembakau tadi juga membuat kepala saya menjadi pusing dan yahhh gampang sakit.

Karena dilatarbelakangi itulah. Saya memutuskan untuk berhenti merokok total di tahun 2017. Pernah sih tergoda untuk kembali merokok tapi sebisa mungkin untuk menahan.

Yang paling ngga bisa itu melihat teman merokok. Rasa untuk menjadi ahli hisap kembali bangkit.

Nah admin bakal berbagi tips - tips nih agar bisa berhenti merokok:

1. Tekad

Yakinkan kepada diri anda bahwa merokok itu tidak memberikan manfaat apapun melainkan merusak kesehatan.

2. Membaca dan Menonton tentang efek buruk dari merokok

Dengan sering membaca buku atau menonton video tentang efek buruk dari merokok maka kalian akan berpikir dua kali untuk melanjutkan kebiasaan buruk itu.

Kalo saya sendiri tidak ingin lagi merokok setelah melihat video pasien perokok yang mengalami kanker laring. Lehernya berlubang akibat kanker tersebut.

3. Hindari teman yang lagi merokok.

Sebisa mungkin saat ingin berhenti merokok, kalian harus benar - benar menghindari sementara kawan yang sedang merokok. Sebisa mungkin saat teman - teman merokok kalian menjauh sebentar. Karena dengan melihat teman merokok rasa candu akan kembali menghantui diri anda.

Ya tapi menghindari teman perokok untuk sementara saja. Setelah satu tahun saya yakin kalian akan terbiasa dan tak ingin kembali untuk menjadi ahli hisap.

Nah gengs itu lah sedikit tips berdasarkan pengalaman yang bisa saya bagi ke kalian semua. Semoga kalian yang ingin berhenti merokok setelah membacar artikel ini dapat terwujud dengan cepat.

Catatan: Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Bukan hasil riset.




Previous Post
Next Post
Related Posts

2 comments:

  1. saya sudah menerapkan lama, hampir 3 tahun sudah tidak lagi jadi ahli hisap

    ReplyDelete