Saturday, January 13, 2018

Cara Ampuh Agar HP Terendam Air Tidak Rusak

Hasil gambar untuk hp terendam air
Smartphone atau ponsel pintar menjadi bagian tak terlepas dalam kehidupan sehari - hari. Selain sebagai alat komunikasi, ponsel pintar juga digunakan sebagai penunjang pekerjaan tertentu.

Oleh karena itu, tentunya kita ingin smartphone yang kita miliki tidak mengalami kendala yang dapat menghambat komunikasi dan pekerjaan.

Namun, ada beberapa insiden yang terkadang tanpa sengaja membuat Hp kesayangan kita mengalami kerusakan seperti terjatuh atau terendam air.

Nah kali ini seribu1.com bakal membagi tips agar HP yang terendam air tidak mengalami kerusakan dan dapat kembali normal seperti sediakala.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam cara ampuh yang harus dilakukan agar HP terendam air tidak rusak.

Namun sebelumnya sebaiknya perhatikan terlebih dahulu catatan dibawah ini.

Jangan Goyang – goyang kan Hp secara berlebihan, karena dapat membuat air menyebar luas.
Jangan jemur HP, karena dapat membuat komponen rusak karena kepanasan
Hp yang jatuh ke air Jangan diamkan terlalu lama
Jangan coba hidupkan hp anda, karena akan membuat kerusakan parah.

1.Ambil HP yang terendam secepat mungkin
Hasil gambar untuk hp terendam air
Ambil hp secepat mungkin yg terendam air, bila tidak di khawatirkan semakin banyak air yg masuk ke dalam komponen hp anda.

Meskipun hp dalam ke adaan tertutup rapat oleh casing namun air akan tetap masuk melalui lubang – lubang kecil seperti Port USB, Port Charger dan lubang Speaker

2. Matikan dan Keringkan
Hasil gambar untuk hp terendam air
Matikan hp yg terendam ke dalam air jika dalam kondisi hidup lalu usap dengan handuk guna menghilangkan air di bagian luar.

Ingat! jangan coba untuk memaksa menghidupkan hp anda, karena akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah yang di sebabkan oleh arus listrik dari baterai.

3. Lepas Semua Komponen
Hasil gambar untuk hp terendam air

Lepaskan semua komponen yg dapat di lepas pada hp tersebut seperti Baterai, memori card, kartu SIM, Casing (jika bisa) kalau gak bisa gak masalah.

Setelah di lepas usap dengan handuk kering, ketika mengeringkan menggunakan handuk. usahakan jangan menggoyangkan hp terlalu berlebihan karena akan membuat air menyebar ke komponen lain.

4. Rendam ke dalam Beras
 Hasil gambar untuk hp terendam air
Cara nya ambil toples, wadah atau kantong plastik sekira nya cukup untuk wadah HP, ambil beras secukup nya, masuk kan HP dan Baterai secara terpisah ke dalam wadah yg berisi beras.

Lalu tutup rapat, pastikan Hp dan baterai dalam keadaan terkubur beras, lalu simpan di dalam lemari minimal 12 Jam atau 24 Jam lebih baik.

Jika kartu SIM dan memori card nya masih berfungsi dengan baik, tak usah di pendam di dalam beras.

Kubur semua komponen hp ke dalam beras sehingga tertutup beras, seperti gambar di bawah ini lalu tutup rapat.

Beras dapat menyerap embun dan air dengan baik, meskipun tidak terlalu sempurna tapi cukup bagus untuk menyerap air yang terdapat dalam Hp dengan catatan tidak terlalu parah.

Jika hp anda basah parah, kami sarankan untuk mengikuti langkah di atas. jika gagal atau ada komponen yang rusak segera ke servis center terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

5. Charger HP Hingga Penuh
Hasil gambar untuk charger HP mati

Jika hp anda sudah di rendam ke dalam beras, silahkan angkat HP anda dan pasang kembali baterai nya. Jangan hidupkan dulu, charger dulu hingga benar benar penuh.

6. hidupkan
Hasil gambar untuk hidupkan HP
Langkah terakhir, hidupkan Hp yg sudah di cahrger penuh tadi cobalah untuk mengecek kinerja hp anda seperti speaker, kamera mik kirim maupun mik penerima dan fitur lain nya.


Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: