Friday, January 12, 2018

Perjalanan Bengkulu - Curup, Mampir Kemana Aja?

Halo semuanya!

Dalam postingan kali ini aku bakal share ke kalian tempat apa saja yang harus kalian kunjungi jika berkunjung ke Kota Curup. Ya kota kecil yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Dari Kota Bengkulu ke Kota Curup jaraknya sekitar 80 KM. Dengan mengendarai kendaraan bermotor baik mobil ataupun sepeda motor dapat ditempuh selama dua jam saja.

Peta dari Bengkulu, Kota Bengkulu, Bengkulu ke Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu

Sebelum sampai ke Curup, kalian akan melewati dua kabupaten, Bengkulu Tengah dan Kepahiang. Selama perjalanan kalian akan melewati daerah perbukitan dan jalan berliku.

Namun tenang saja, kalian tidak akan bosan karena kalian akan disajikan pemandangan alam hutan lindung yang indah nan sejuk.

Nah, apabila beruntung, saat memasuki Kabupaten Bengkulu Tengah sampai ke Kepahiang kalian bisa menemukan bunga bangkai raksasa jenis Rafflesia atau pun jenis Amorphophallus atau bunga kibut.
Bunga Rafflesia Arnoldi

Biasanya bunga ini mekar di saat musim hujan dan cuaca lembab. Hampir setiap bulan ada saja yang mekar.

Karena seringnya mekar dan tidak pernah absen di setiap tahunnya, Bunga Rafflesia dijadikan sebagai ikon Provinsi Bengkulu.

Di Kabupaten Kepahiang juga terdapat beberapa objek wisata. Sebelum melanjutkan perjalanan ke Curup, kalian bisa mampir ke objek wisata Kebun Teh Kabawetan.
Hasil gambar untuk kebun teh kabawetan
Kebun Teh Kabawetan
Di sana kalian bisa menikmati indahnya pemandangan kebun teh. Bila dilihat dari puncak kebun teh ini mirip dengan karpet yang dibentang. Wah pokokny sejuk deh!

Next, setelah dari sini kalian bisa mampir ke air terjun sengkuang. Lokasinya sekitar 9,2 KM atau perjalanan 17 menit saja. 

Peta dari Air Terjun Sengkuang, Suka Sari, Kaba Wetan, Suka Sari, Kaba Wetan, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu 39372 ke Kebun Teh Kabawetan, Sido Makmur, Kaba Wetan, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu 39372

Tinggi air terjun sengkuang ini 25 meter. Sensasi kesegaran sangat terasa saat berada disana. 

Hasil gambar untuk air terjun sengkuang

Oke kita tinggalkan Kabupaten Kepahiang sekarang saatnya lanjut ke Curup, Kabupaten Rejang Lebong. Sebenarnya ada tiga objek wisata andalan di kabupaten ini yang terkenal sejak dahulu kala. Ayeee.

Pertama, Suban Air Panas. Anda belum bisa dikatakan berkunjung ke curup kalau belum pernah mandi di pemandian air panas tersebut.

Di sini Ada banyak kolak air panas yang siap memanjakan tubuh anda. 

Berendam di air panas juga dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit mulai dari asma, rematik, gatal - gatal dan penyakit lainnya. 


Selain kolam air panas, di lokasi yang sama juga terdapat air terjun cabang dua. Sungguh objek wisata yang kumplit deh. 

Oke!!! Sehabis mandi, enaknya langsung melanjutkan perjalanan ke Danau Mas Harun Bastari. Lokasinya tidak jauh dari pemandian suban air panas masih ke arah Kota tetangga Lubuk Linggau.

Suasana asri dan sejuk bakal kalian rasakan saat menginjakkan kaki di sana.

Ada beberapa fasilitas yang disediakan disana. Salah satunya, kalian bisa mengeliling danau dengan menaiki perahu kecil atau ketek.

Jika ingin melihat danau dari ketinggian juga bisa. Kalian naik ke komplek vila diatas danau. Dari sana kalian bisa melihat keseluruhan danau.

Pemandangan yang indah dijamin bikin kalian betah berlama - lama.


Oke objek wisata yang ke tiga adalah Bukit Kaba. 

Bagi kalian yang suka mendaki. Di Curup ada gunung berapi aktif yang memliki ketinggain 1.952. Lokasinya sekitar 15 KM dari Kota Curup.

Nah tunggu apalagi hayuk jalan - jalan ke Curup. 

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 comments: